Rabu, 16 April 2014

4 Strategi Usaha Kuliner yang Menguntungkan

Pilihan Segmentasi Pasar yang Tepat

Untuk hal ini, tentukan target konsumen yang tidak akan pernah habis dimakan waktu. Menentukan segmentasi pasar akan membantu anda menentukan jenis makanan yang akan dijual, baik itu makanan ringan, camilan, snack, atau makanan berat. Jika target anda adalah anak usia 7-12 tahun, maka makanan camilan mungkin adalah pilihan yang paling pas. Jika target konsumennya adalah remaja usia 15-19 tahun, membuka kafe atau kedai kopi tampaknya sangat sesuai dengan gaya hidup remaja saat ini, yang suka kongkow-kongkow di kafe untuk sekedar mengobrol atau mengerjakan tugas sekolah. Tak hanya usia, menentukan kelas konsumen juga penting; apakah target konsumen anda adalah kelas menengah ke bawah atau ke atas, yang juga akan berpengaruh pada pilihan jenis makanan yang akan dijual.

Pilihlah Lokasi yang Strategis

Pernahkah anda mendengar kalimat “posisi menentukan prestasi”? Well, kalimat itu juga tampaknya membawa pengaruh besar pada usaha kuliner. Menentukan posisi strategis untuk membuka bisnis anda bisa menarik sebanyak mungkin target konsumen. Biasanya, para pelaku usaha memilih tempat yang ramai dan dekat dengan fasilitas umum seperti mal, sekolah, perkantoran, rumah sakit, dan sebagainya. Karena tempat-tempat tersebut bisa dipastikan hampir tidak pernah sepi orang, maka besar kemungkinan juga usaha anda tidak akan sepi pelanggan, terutama jika anda pelaku bisnis kuliner utama di area tersebut.
Namun demikian, pemilihan lokasi juga harus memperhatikan segmen pasar yang menjadi target anda, seperti yang telah dijelaskan di atas; jika target konsumen adalah usia 15-19 tahun, membuka usaha kuliner di dekat sekolah adalah pilihan yang tepat; jika target konsumen adalah pekerja usia 20-30 tahun, usaha kuliner paling pas jika dibuka di area perkantoran, dsb.

Tetapkan Standar Operasional yang Baik

Menentukan jadwal buka dan jadwal tutup usaha anda akan sangat membantu dan tidak membingungkan konsumen. Kenyamanan dan kebersihan tempat usaha juga perlu diperhatikan agar membuat pelanggan betah dan nyaman. Standar pelayanan juga harus menjadi perhatian utama anda; pelanggan lebih suka pelayan yang ramah dan murah senyum, ketimbang yang judes. Untuk itu, anda juga harus merekrut SDM untuk bekerja bersama anda dengan baik. Untuk menu dan penyajian makanan juga harus dipastikan semenarik mungkin untuk membuat konsumen merasa puas.

Promosi yang Menarik

Saat anda baru membuka usaha, strategi promosi menjadi kuncinya. Berikan diskon spesial di satu minggu awal pembukaan tempat usaha anda, bagi 100 pengunjung pertama, misalnya. Promosi dengan menyebarkan brosur dan melalui internet juga patut dicoba karena bisa mendatangkan lebih banyak konsumen.
Usaha kuliner akan berjalan dengan baik saat anda mampu menjalankan manajemen yang baik pula.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar