UNIT 5 - SAP R/3 Accounting - Financial
---------------------------------------------------------------------------------------------
Globalisasi dan
perbedaan memaksa merubah struktur di seluruh organisasi dunia, membuat proses
ekonomi menjadi kompleks. SAP R3 Accounting merupakan alat menejemen disetiap
departemen perusahaan. Dibagian ini akan saling berkaitan dengan bagian
logistik maupun sumber daya manusia. Pada unit ini akan ada 2 yang dibahas yaitu Financial Accounting dan Management
Accounting.
SAP R3 Accounting System
- Financial Accounting
Di financial accounting ini digunakan untuk mencocokan data
aset,pelanggan,bank,penjual dengan buku besar karena hal ini dilakukan biar
balance. Kenapa harus Balance karena di sistem akutansi itu data yang di proses
harus balance kalau tidak balance maka ada kesalahan.
Di SAP R3 ini sistem akutansi akutansi keuangan akan
menampilkan bisnis transaksi yang terjadi, keuanngan dan arus nilai,
menampilkan dan valuasi posisi keuangan, menampilkan Laba/Rugi,dll.
-Balance Sheetand Profit and Loss Statment
Neraca laba Rugi merupakan untuk mengetahui
sebuah perusahaan itu untung atau rugi. Di buku besar selain aset dan kewajiban
harus sama atau balance sheet disini juga akan melakukan peritungan Laba/Rugi
didalam suatu perusahaan.
Didalam akutansi itu sangat rentan akan
terjadinya Fraud sehingga harus mencegahnya. Cara mencegahnya dengan melakukan
pengarsipan, hak pengguna, Grup toleransi, Transparansi keuangan.
SAP R/3
SAP R/3 adalah arsitektur pemosresan system informasi yang terintegrasi
dengan berbagai aspek akuntansi. Didirikan untuk menyediakan data
akuntansi dan pengolahan data operasional untuk pengambilan keputusan
strategi perusahaan.
Di SAP R/3 ini terintregasi dengan bebrapa modul yaitu
1.SD (Sales and Distribution)2.MM (Material Management)3.HR (Human Resource)4.FI (Financial Accounting)5.CO (Controling)6.AM (Asset Management)
SAP R/3 Accounting System : Sistem
Akuntansi dengan berbagai sub-unit adalah bagian penting dari solusi SAP.
Integrasi dari berbagai aspek akuntansi satu sama lain dan dengan logistik dan
aplikasi sumber daya manusia menjadi alat manajemen untuk semua départemen
perusahaan. Antarmuka dengan rantai logistik dari pengadaan untuk penjualan
memungkinkan optimalisasi proses operasional. Efisiensi solusi semacam ini
meningkat dengan memasukkan proses bisnis lintas-perusahaan dengan pelanggan,
pemasok, atau institusi. (SAP01
Fundamental, 2006, hal. 5-3)
Organisasi element
Komponen SAP R/3 :
•Financial Accounting (FI)
•Corporate Finance Management
•Profitability and Sales Accounting
•Product Cost Controlling
•Overhead Cost Controlling
•Investment Management (IM)
•Project Management
CoA
CoA adalah daftar akun yang dibuat secara sistematis dengan
menggunakan simbol angkah, huruf atau paduan keduannya yang dibuat oleh akuntan
dan digunakan untuk pemrosesan data dalam akuntansi.
Didalan SAP ini memiliki CoA yang terpusat atau memiliki
Master data, hal ini digunakan agar tidak ada kesalahn atau perbedaan CoA
disetiap Company Code.
1 Company Code = 1 CoA
1 CoA < 1 Company Code
Di artikan adalah setiap perusahaan hanya memiliki 1 CoA
karena biar tidak terjadi perbedaan nomer akun dan menyebabkan kebingungan
tapi 1 CoA di gunakan untuk lebih dari 1
Company Code hal ini di lakukan biar setiap Company Code memliki nomer akun
yang sama.
Master Data
Master data yang di gunakan di sini adalah
1.Customer
2. Vendor
3.Assets
1.Customer master
Berisi informasi tentang Pelanggan
seperti pembayaran dan penagihan. Semua informasi yang perlu perusahaan untuk
hubungan bussines dengan beberapa pelanggan
Fitur yang ditandai catatan master pelanggan :
•Memberikan gambaran dari semua data pelanggan setiap saat.
•Memungkinkan akses fleksibilitas untuk data.
•Bentuk database yang mengontrol dunning otomatis dan transaksi pembayaran dunning otomatis.
Costomer master memiliki 3 struktur yaitu
General data
Data for Company Code
Data for Sales
2.Vendor Master
Mengandung informasi tentang Vendor. Kebutuhan perusahaan
untuk hubungan bisnis dengan vendor
Fitur yang ditandai catatan Vendor Master :
•Sekilas semua data untuk vendor tertentu
•Fleksibel akses data
•Data yang digunakan untuk mengontrol transaksi pembayaran dan untuk mewakili proses bisnis – baseline.
Vendor master memiliki 3 strukur yaitu
General data
Data for Company Code
Purchasing organization data
3.Asset
Account Balance
Sebuah layar lineitem memberikan gambaran
TerbukaItem baris fungsi layar yang tersedia untuk:
Dibersihkan
parkir item dari account.
• Sebuah rekening dalam kode perusahaan
• Sebuah kelompok rekening kode perusahaan (worklist)
Financial Accounting
Mengukur dan mencatat transaksi bisnis serta menyediakan laporan
keuangan berdasarkan standar akuntansi yang berlaku umum (GAAP) ,
pelaporan di fokuskan untuk pihak eksternal.
-General Ladger (Buku Besar)
•Transaksi Operasional : eq . barang jadi karena postingan material jadi.
•Posting transaksi buku besar pembantu : eq . akuisisi aset aktiva tetap
•Transaksi awal yang ditempatkan ke G / L
Untuk Posting G / L diperlukan integrasi antara : FI AA(eq . akuisisi aset aktiva tetap), FI GL(Transaksi awal yang ditempatkan ke G / L), SAP MM(eq . barang jadi karena postingan material jadi), dan FI CO.Hal ini harus diterintegrasi dengan akses berbagi database maksudnya1.agar tidak ada data yang redundansi dan pemeliharaan2.Dokumentasi dan sistem review yang dapat diverifikasi secara jelas setiap saat3.akses lengkap ke semua aplikasi4.Melaporkan Sistem informasi yang dapat sepenuhnya disesuaikan.
-Accounting Document
Memiliki dua tipe yaituA.Original Doc : dokumen ini sebagai referensi sehingga tidak dapat di uba. Kewenangan pada hal ini bukan di dari orang financial.Bagian dari Original Doc1.Receipt2.Invoice3.Check4.Bank StetmentB.Processing Doc : Proses yang terjadi di unit 5 ini akan berlangsung di sini, kewenangan ada di bagian financial.Bagian dari Processing Doc1.Sample Document2.Recurring Entry Document3.Accounting Document
Accounting DocHanya dapat memeriksa apakah posting benar dalam jurnal dan buku besar dengan cara adanya sebuah dokumen . Oleh karena itu setiap postingan harus memiliki dokumen . Sebuah dokumen terdiri dari header dokumen dan setidaknya dua item baris yakni amount , nomor akun , kredit / debit , dll. Pembayaran dalam hal ini saat akan melakukan pembayaran Debit dan Kredit harus balance atau seimbang.
Manajemen Perjalanan dan Beban Penggantian
SAP R / 3 manajemen Travel , merupakan tools untuk :
•Rencana perjalanan
•Layanan buku perjalanan
•Persetujuan perjalanan
•Catatan Perjalanan
•Menentukan dan valuate penggantian
•Account untuk biaya perjalana
Tidak ada komentar:
Posting Komentar