Rabu, 23 April 2014

Strategi Promosi Untuk Memulai Bisnis Kuliner

1.      Konsistensi mutu produk
Jangan pernah menganggap sepele masalah konsistensi mutu produk Anda. Usahakan untuk selalu mempertahankan kualitas produk. Misalnya, jangan sembarangan mengubah resep, bahan dan bumbu yang digunakan karena hal ini akan mempengaruhi cita rasa makanan. Oleh karena itu, restoran Anda harus memiliki standar resep dan standar prosedur. Bayangkan jika Anda menjadi konsumen, tentu Anda akan kecewa terhadap suatu restoran jika makanan yang Anda santap hari itu tidak lebih enak dari makanan yang Anda santap tempo hari di restoran yang sama.
2.      Ciptakan “keramaian”
Strategi yang satu ini saya dapatkan dari seorang pakar marketing sewaktu mengikuti seminar. Katanya, ketika restoran Anda baru saja launching, cobalah untuk berbaik hati mengundang teman-teman untuk makan gratis di restoran Anda. Suasana “keramaian” ini akan berdampak positif sebab orang awam yang melihat keramaian di tempat Anda mungkin akan penasaran dan pada akhirnya tertarik untuk mencoba. Di samping itu, berikanlah pelayanan terbaik kepada undangan Anda tadi sehingga mereka tertarik untuk datang kembali, atau paling tidak mereka bisa menceritakan kepada orang lain betapa kerennya restoran Anda. Selain cara itu, Anda bisa mencoba untuk memberikan diskon pada hari-hari spesial atau hari libur.
3. Sebarkan brosur di tempat yang tepat
Strategi pembagian brosur akan sangat membantu jika ditujukan pada konsumen potensial. Misalnya, jika Anda ingin mengusung konsep restoran yang berjiwa “muda”, maka alangkah baiknya jika Anda memyebarkan brosur ke tempat-tempat di mana konsumen potensial Anda terkumpul, misalnya di kampus atau sekolah.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar