1. Konsistensi mutu produk
Jangan pernah
menganggap sepele masalah konsistensi mutu produk Anda. Usahakan untuk
selalu mempertahankan kualitas produk. Misalnya, jangan sembarangan
mengubah resep, bahan dan bumbu yang digunakan karena hal ini akan
mempengaruhi cita rasa makanan. Oleh karena itu, restoran Anda harus
memiliki standar resep dan standar prosedur. Bayangkan jika Anda menjadi
konsumen, tentu Anda akan kecewa terhadap suatu restoran jika makanan
yang Anda santap hari itu tidak lebih enak dari makanan yang Anda santap
tempo hari di restoran yang sama.
2. Ciptakan “keramaian”
Strategi
yang satu ini saya dapatkan dari seorang pakar marketing sewaktu
mengikuti seminar. Katanya, ketika restoran Anda baru saja launching,
cobalah untuk berbaik hati mengundang teman-teman untuk makan gratis di
restoran Anda. Suasana “keramaian” ini akan berdampak positif sebab
orang awam yang melihat keramaian di tempat Anda mungkin akan penasaran
dan pada akhirnya tertarik untuk mencoba. Di samping itu, berikanlah
pelayanan terbaik kepada undangan Anda tadi sehingga mereka tertarik
untuk datang kembali, atau paling tidak mereka bisa menceritakan kepada
orang lain betapa kerennya restoran Anda. Selain cara itu, Anda bisa
mencoba untuk memberikan diskon pada hari-hari spesial atau hari libur.
3. Sebarkan brosur di tempat yang tepat
Strategi
pembagian brosur akan sangat membantu jika ditujukan pada konsumen
potensial. Misalnya, jika Anda ingin mengusung konsep restoran yang
berjiwa “muda”, maka alangkah baiknya jika Anda memyebarkan brosur ke
tempat-tempat di mana konsumen potensial Anda terkumpul, misalnya di
kampus atau sekolah.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar